Pengecatan ulang body repair mobil

Pada saat anda harus melakukan perawatan mobil di bengkel, pastikan anda mengajukan pertanyaan yang tepat untuk mengetahui bagaimana proses body repair mobil  anda akan di lakukan. Dibawah ini adalah beberapa masalah yang sering timbul pada beberapa bagian mobil anda yang harus anda perhatikan :

PENGGANTIAN PANEL BARU. Dalam berbagai kasus penggantian panel sepertikap mesin, fender atau bagian lain, cara yang sering dilakukan bengkel untuk menyiasati dengan menggunakan primer atau sealerPanel yang masih baru biasanya dilapisi oleh lapisan berwarna hitam yang disebut E-coat.

Untuk alasan yang belum saya ketahui secara pasti biasanya bengkel tidak menggunakan primer dan langsung mengaplikasikan cat ke diatas lapisan E-coat tersebut. Penggunaan primer akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit proses, akan tetapi hal ini mutlak harus dilakukan. Melewatkan proses pengaplikasian primer ini dapat mengakibatkan hasil pengecatan belang belang hitam seperti ada serpihan batu di dalam lapisan cat yang kelihatan berwarna hitam. Karena bengkel tidak merasa perlu menggunakan primer.

Pada panel afkir ( cacat produksi ) biasanya panel tersebut cuma menggunakan primer kualitas rendahan yang hanya membutuhkan thinner untuk membersihkan primer tersebut. Biasanya bengkel langsung melakukan proses pengecatan. Hasilnya akan sama saja, akan terjadi masalah yang serupa apabila tidakmenggunakan primer.

CARA PENGECATAN BEMPER BARU/PLASTIK. Ini adalah cara yang paling sukses untuk gagal dalam bisnis perbengkelan. Banyak bengkel tidak mau repot menambahkan prosedur pengecatan yang benar yang diperlukan untuk persiapan yang baik dalam pengecatan bemper.

Primer Plastik: Banyak bengkel yang keliru cara mengecat bemper ini. Bemper yang masih baru kondisinya masih bagus, hanya perlu diamplas kemudian bisa langsung di cat…Hal ini Salah!.Bemper baru haruslah di tes dulu dengan cara  mengelap menggunakan thinner, apabila ada lapisan yang dapat dilap maka bemper haruslah dilap seluruhnya menggunakan thinner sampai bersih. Hal ini bukanlah sesuatu pekerjaan yang menyenangkan tentunya, akan tetapi banyak jugabengkel cat yang tidak mau terlalu direpotkan dengan proses ini.

Apabila proses pembersihan telah selesai biasanya dilanjutkan dengan penggunaan degreaser( sejenis pembersih khusus untuk mengangkat residu dan minyak ) yang kemudian dilanjutkan mengggunakan PP primer plastik berkualitas khusus adhesi (pengikat) pada bidang berbahan plastik yang cukup diaplikasikan satu lapis saja -/+ 5 Micron saja, baru bisa diaplikasikan cat untuk menghindari hasil pengecatan yang retak & mengelupas dikarenakan bidang plastik rawan terhadap getaran.

PENUTUPAN AREA ISOLASI & BONGKAR PASANG. Berguna untuk mengisolir dan mempermudah akses pada bagian2 tertentu supaya pada proses pengecatan, pengamplasan, pembersihan agar residu debunya tidak mengotori dan melindungi bagian lain yang tidak terkena proses. Beberapa bengkel akan mengabaikan prosedur ini untuk penghematan. Apabila hal tersebut terjadi pada mobil anda maka berdoalah supaya anda mendapatkan hasil terbaik daribiaya yang telah anda keluarkan untuk pengecatan mobil.

BLENDING/PENYAMAAN WARNA. Adalah tehnik pengecatan overspray, yaitu menyamakan warna mobil. Hal ini adalah WAJIB !! tidak bisa ditawar!. Banyak bengkel yang tidak berani menjamin hasil pengecatan warna sama 100% akuratdengan bagian panel sebelahnya ( seperti warna original mobil dari pabrik ).

Warna asli mobil dari pabrik tidak selalu sama meskipun kode warnanya sama. Pasti selalu ada perbedaanya dari mobil keluaran dan warna yang sama. Hal ini disebabkan oleh sedikit saja cara penyemprotan dan peralatan yang digunakanberbeda maka hasilnya pun akan berbeda. Apabila cat yang di semprotkan dengan tekanan rendah maka akan menghasilkan efek warna cenderung gelap dan basah, karena partikel cat akan banyak masuk ke dalam lapisan cat. Akan tetapi apabila menggunakan tekanan angin yang besar maka cenderung lebih kering dan warna akan kelihatan cenderung lebih terang, karena partikel metalic berada pada lapisan atas permukaan cat. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi hasil pengecatan yaitu suhu, kelembaban, dan peralatan.

Dengan menggunakan Mixing Colour ( Cat Oplos ) Produk cat Polyurethane Berkualitas sebagai rekomendasi maka akan banyak membantu proses pengecatan penyamaaan warna mobil sesuai aslinya ( Blending colour ) dibantu dengan thinner polyurethane yang berkualitas.

Sekarang anda sedikit lebih tahu tentang tehnik pengecatan blending warna. Dan pastikan bengkel anda menggunakan tehnik ini. Dengan sedikit pengecatan (semprotan) pada panel berikutnya yang terhubung dan kemudian diakhiri dengan menggunakan clear coat berkualitas bagus untuk finishing. Atau mungkin bengkel anda mengatakan, “Ini bisa langsung dicat tanpa harus di blending dan hasilnya pasti sama “. Mungkin itu bisa saja terjadi akan tapi bisa juga tidak.

Yang lebih sering terjadi apabila anda memperhatikan warna mobil anda dari berbagai sumber pencahayaan yang berbeda. Contoh : Dibawah sorot lampu Halogen pada malam hari, atau pada saat menghadiri pesta yang meriah dengan berbagai sorot lampu warna warni pada malam hari misalnya. Akan terlihat jelas sekali kegagalan dari hasil blending warna ini. Bias warna yang dihasilkan dari pantulan efek warna dari lampu-lampu tersebut pada mobil anda.Kebanyakan ini terjadi di bagian seperti fender ke pintu, pintu ke pintu, dan pintu belakang kebagian belakang lainya.

Bemper sangatlah jarang sekali warnanya sama dengan bagian body mobil, seperti fender atau lain2. Karena bagian bemper berbahan plastik maka dicat secara terpisah dengan body mobil. Meskipun sebenarnya pabrik ingin mengecatnya bersamaan, akan tetapi hal ini tidak mungkin untuk dilakukan. Karena berbahan dasar plastik bemper tidak tahan suhu extreme yang panas (system pengecatan oven). Kebanyakan bengkel mengecat bemper dengan menggunakan acuan menyerupai / mirip dengan warna fender karena sebelumnya / dari pabriknya tidak sama warnanya. Apabila demikian tidaklah menjadi soal, asal tidak terlalu jauhhasil warnanya dengan warna fender anda.

Cara pengecatan blending warna adalah sesuatu yang direkomendasikan olehprodusen cat mobil, dan mutlak diperlukan . Terkecuali mobil warna hitam tidak terlalu kentara dan orang tidak akan mudah mengetahuinya.

Ingatlah bahwa pengecatan mobil tergantung pada selera anda, akan tetapi untukpengecatan bemper haruslah sesuai dibatas mana anda bisa menerima warnanya menurut selera anda.

PENGELEMAN. Kadang terlihat sepele, Asal menempel pada bidang. Beberapa bengkel akan melakukanya dengan terstruktur rapi. Akan tetapi ada juga yang kelihatan meleleh dan bergaris disekitar area pengeleman. Hal ini akan lebih terlihat apabila mulai terkena suhu yang panas.

Perbaikan akibat tabrakan adalah yang banyak dicari orang. Karena cepat, dan tidak perlu membetulkan struktur rangka (akibat reaksi) dan kerusakan yang tidak kelihatan. Pada saat proses pengelasan kerangka yang biasanya tidak di cat akan mudah dan cepat sekali keropos atau berkarat.

Satu hal yang pasti anda perhatikan.! Apabila anda membayar bengkel untukpenggantian panel baru, pastikan mereka melakukanya. Beberapa bengkel yang curang akan mengatakan mereka telah menggantinya, padahal mereka cuma memperbaikinya. Dengan mudahnya mereka mengakali dengan filler dan fiber, dimana ini sangatlah tidak baik untuk sebuah kualitas perbaikan.

SEMOGA DENGAN ADANYA ARTIKEL DIATAS, ANDA LEBIH BIJAK DALAM MEMILIH BENGKEL.

 

Kembali ke halaman utama

Agen penjualan cat Duco (NC), Melamine, cat mobil Polyurethane (Oven) untuk body repair dan kebutuhan cat industri mebel / furniture, dan bengkel karoseri kendaraan. Hubungi kami di (031) 7744-5582 atau info@artomorocat.com.

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cleantalk